Jumat, 15 Oktober 2010

panic disorder

Pernah, ngga sih kita panik?

Ada kuis tiba – tiba tanpa sepengetahuan kita, atau detik – detik menjelang UTS?

Hal itu wajar secara psikologis (karena saya pun juga demikian). Namun apabila panik dengan ditambah ketakutan yang luar biasa diikuti dengan perasaan tertekan dan tanda – tanda fisik seperti detak jantung yang lebih cepat, sesak napas, atau pusing dinamakan PANIC DISORDER

Orang yang terserang PANIC DISORDER juga harus menunjukkan minimal empat dari ciri – ciri ini : keringatan, berdebar – debar, telapak tangan basah, gemetar, sesak napas, perasaan seperti tersendak, mual, sakit di bagian dada, pusing, kaku, bahakan sampai pingsan.

KENAPA BISA TERKENA PD ?

· Faktor keturunan

· Ketika kita mengalami peristiwa – peristiwa yang bikin stress

· Kondisi sedang rapuh

MESTI GIMANA ?

- Lebih baik kita mencari bantuan ke ahlinya, misal psikolog atau psikiater. Tapi kalau belum terlalu parah, coba ikuti tips berikut :

· - Coba tarik napas dalam – dalam dan hitung satu sampai sepuluh


· - Menenangkan diri dengan ngomong perlahan ke diri sendiri, “Santai saja, semua pasti baik – baik saja”

· - Minum bisa membantu mengalihakan pikiran dari hal yang membuat kita panik

· - Dengan menulis diari, kita jadi tahu hal – hal apa yang bikin kita stres. Kalau sudah tahu, kita pasti bisa menngatasi emosi kita dengan lebih baik

· - Olahraga bisa membantu kita mengatasi rasa takut yang tidak beralasan

sumber : kawanku magazine

2 komentar:

  1. aduh saya juga pernah mengalami panic disorder, saya pikir kena serangan jantung atau penyakit lainnya. pernah di bawa ke UGD di kasih oksigen buat pernapasan buatan trus di rontgen sama tes jantung, hasilnya normal saja. kata dokternya saya stress duh jadi malu saya dengernya. penyakit ini emang menyebalkan bisa datang kapan saja dan tanpa terduga, apakah penulis juga pernah mengalaminya yah ???

    BalasHapus
  2. alhamdulillah saya blm pernah merasakan panic disorder. tetapi saya pernah merasakan panik yang biasa orang lain rasakan, seperti keringat dingin,deg deg an.tetapi setelah prmasalahan selesai, badan kembali normal(biasanya badan langsung hangat)
    iyaa bener bgd penyakit ini sangat menyebalkan.Apalagi kalo udh parah bgd, seperti misalnya : anda mengira mengalami serangan jantung

    BalasHapus