Selasa, 14 Desember 2010

sarapankah anda?

Kesalahan terbesar yang banyak dilakukan oleh wanita adalah takut sarapan, dan takut makan malam. Alasannya, takut gemuk atau terbiasa makan sedikit. Padahal, sepanjang malam, cadangan energi kita berkurang sebanyak 80%. Tanpa adanya makanan yang masuk, tubuh akan mulai menghemat energi dan membakar lebih sedikit kalori. Akibatnya, metabolisme melambat, pembakaran lemak tidak efektif, dan tubuh lemas. Studi dari Tufts University menyebutkan, wanita yang tidak pernah sarapan, cenderung 5 kali lebih gemuk dibanding yang rutin sarapan. Jadi sarapanlah yang cukup, 400 kalori dengan menu yang sehat.


empat syarat sarapan sehat: cukup karbohidrat, protein, serat, dan lemak baik

"Sebuah penelitian membuktikan, anak yang rutin sarapan akan lebih berprestasi ketimbang yang tidak biasa sarapan. Selain itu, sarapan adalah dasar dari pola makan sehat yang akan berlanjut ke makan siang dan makan malam. Dengan pola makan yang benar, tubuh akan menjadi fit dan bugar. Sarapan itu seperti tabungan hidup sehat," jelas Katherine Zeratsky, R.D.,L.D, ahli nutrisi dari Mayo Clinic.

Kapan waktu sarapan yang tepat?
"Sarapanlah antara pkl 5.30 - 7.30. Jangan terlalu siang karena akan mengacaukan pola makan siang dan waktu - waktu makan sesudahnya. Jangan juga terlalu pagi karena nanti akan kelaparan jauh sebelum waktu makan siang tiba," saran dari dr Diani Adrina, SP.GK, dokter ahli gizi yang kini berpraktik di RS Mitra Kemayoran, Jakarta


sumber : majalah PREVENTION Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar